Segala Sesuatu yang didapat dengan Jarimu

Kamis, 30 Agustus 2018

B20, Sudahkah Anda Tahu?

B20, Sudahkah Anda Tahu?



Apakah Itu B20?

Dilansir dari situs alatberat.com, B20 Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang dibuat dengan mencampur minyak solar biasa, dengan biodiesel yang dihasilkan dari produk pertanian seperti minyak kelapa sawit, kacang kedelai, kanola, camelina, biji mustard, minyak goreng limbah dan produk organik lainnya. Jumlah B menunjukkan persentase biodiesel. Itu berarti B20 Biodiesel merupakan perpaduan dari 20% biodiesel dan 80% solar minyak bumi. Meskipun biodiesel dapat digunakan pada campuran apapun, termasuk 100% biodiesel, campuran B20 dianggap perpaduan khas untuk penggunaan normal di mesin diesel konvensional. Pengujian Bahan Bakar Alternatif Biodiesel 20% (B20), telah dilakukan oleh Kementerian ESDM, dan itu dilakukan pada 2 Produk Diesel yaitu Tata Ace EX2 700 cc dan Tata Super Ace 1.400 cc, pengujian dilakukan pada mobil yang tidak bergerak namun dikondisikan dalam keadaan berjalan dan di gas sampai 3000 rpm. Tidak ada asap pekat yang muncul, Inilah alasan mengapa pemerintah Indonesia terus menggenjot program B20 ini.
Saat ini kebijakan biodiesel 20 persen baru diterapkan pada sektor bersubsidi yakni solar yang dijual di stasiun pengisian bahan bakar umum. Kebijakan B20 ini akan diperluas ke sektor nonsubsidi mulai Agustus 2018 dan soal ini Jokowi memaparkan keuntungan yang akan didapat pelaku industri. Presiden Joko Widodo berharap dukungan masyarakat industri otomotif terhadap kebijakan bahan bakar biodiesel 20 persen ( B20) yang dimulai saat pembukaan pameran GIIAS 2018. Jokowi berharap kebijakan ini bisa dilakukan sampai ke kendaraan konsumen.

Kapan Berlaku?

Mulai 1 September 2018, penggunaan bahan bakar solar B20 mulai diimplementasikan ke seluruh kendaraan. Lantas, dengan menggunakan B20, apa dampaknya terhadap performa kendaraan? Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto menyatakan, B20 yang digunakan untuk kendaraan tidak memberi perbedaan dari penggunaan solar yang ada selama ini. dan pada dasarnya seluruh kendaraan yang beredar di pasaran saat ini bisa menggunakan B20.
Ketua Umum Gaikindo Johannes Nangoi menyatakan, bahan bakar B20 yang merupakan campuran kelapa sawit punya semacam soap effect, atau efek seperti sabun. Efek sabun dari penggunaan bahan bakar B20, akan berpengaruh terhadap mesin kendaraan pabrikan lama. Karena efek sabun ini, B20 akan merontokkan kotoran di tangki bensin termasuk di salurannya. Sehingga pada saat nanti pakai ini (B20), dan tidak dibersihkan dulu, mungkin bisa terjadi penyumbatan dan endapan ini akan terbilas karena dia punya efek semacam soap effect. Oleh karenanya, bagi kendaraan-kendaraan lama, terutama bus dan truk perlu dibersihkan dulu tangki dan saluran solarnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support