Segala Sesuatu yang didapat dengan Jarimu

Senin, 20 Agustus 2018

Korelasi antara Tahun Politik dan Kenaikan Gaji PNS

Korelasi antara Tahun Politik dan Kenaikan Gaji PNS



Korelasi antara Tahun Politik dan Kenaikan Gaji PNS




Tahun 2019 adalah tahun politik, dan sementara dalam 4 tahun terakhir ( 2015 sd 2018 ) gaji PNS tidak mengalami kenaikan. Walaupun dalam 4 tahun terakhir tersebut gaji PNS yang tidak naik dikompensasikan dalam bentuk gaji ke 14 ( biasa disebut THR ) sebesar gaji pokok saja. Dan dalam tahun 2018 ini, gaji ke 14 berupa gaji pokok dan tunjangan ( seperti gaji ke 13 ).

Pemerintah Jokowi-JK di tahun 2019 akan menaikkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar 5 persen. Selain itu, para abdi negara ini juga akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 seperti tahun ini. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, Pemerintah memastikan akan memasukan komponen dana untuk THR dan gaji ke 13 PNS dalam dana alokasi umum (DAU) ke daerah dan untuk PNS daerah juga nantinya tunjangannya akan ditetapkan sesuai dengan kinerjanya. Sementara untuk kenaikan gaji pokok PNS sebesar 5%, dimaksudkan untuk menyesuaikan pemasukan para PNS yang sejak 2015 tidak mendapatkan kenaikan gaji.

Kenaikan gaji PNS sebesar 5 persen ini secara tidak langsung merupakan salah satu langkah manuver politik dalam meraih massa. Ya, walaupun nantinya yang terkena dampak manfaatnya adalah bertambah kesejahteraan PNS yang di Indonesia ini sangat banyak.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support